BERITA

BUM Desa Olat Planing Sabedo Buka Unit Usaha Baru di Tahun 2024, Laba Bersih 2023 Sebesar 722 Juta Rupiah

Rabu, 24 Januari 2024   R.A   66  

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Olat Planing Desa Sabedo Kecamatan Utan, menggelar musyawarah desa dalam rangka menyampaian Laporan Petanggungjawaban (LPJ) Direktur Tahun Buku 2023, pada Kamis (11/1/2024) di Aula Kantor Desa Sabedo.

Musyawarah Desa tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa beserta jajarannya, Camat Utan dan jajaran Forkompimcam, Kepala Desa Sabedo serta Kepala Desa se-Kecamatan Utan, BPD Desa Sabedo, Manajemen BUMDesa Olat Planing, Manajer BUMDESMA – LKP Intan Bulaeng, para Pendamping Desa dan Tim Teknis Manajemen BUMDesa Kabupaten Sumbawa, serta tokoh masyarakat Desa Sabedo.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori – menyampaikan apresiasi atas kinerja BUMDesa Olat Planing Desa Sabedo yang terus menunjukkan tren yang menggembirakan tiap tahunnya. “Dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi Direktur dan jajarannya mampu menjaga tata kelola BUMDesa dengan baik serta memberikan kemanfaatan yang nyata bagi masyarakat umumnya maupun Pemerintah Desa Sabedo”, papar Ansori sebagaimana dikutip dari https://didesaku.com/.

Selain itu juga, lebih lanjut Ansori menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa dan jajarannya yang selalu mempercayai manajemen BUMDesa, Pendamping Desa, Tim Teknis Manajemen BUMDesa Kabupaten Sumbawa dalam mengawal tata kelola secara bisnis ekonomi yang tentunya tetap menunaikan pelayanan publik yang baik terhadap akses keuangan mikro di desa.

Sebelumnya, Camat Utan Syahruddin menyampaikan bahwa kontribusi BUMDesa Olat Planing terhadap PAD Desa Sabedo terus menunjukkan peningkatan. “Ini sangat menggembirakan kita semua, di tahun 2022 mampu memberikan deviden kepada PADes sebesar 136 juta dan pada akhir tahun 2023 menyumbang PADes sebesar 144 Juta, kami berharap dapat ditingkatkan kienerjanya dimasa mendatang”, ungkap Lud sapaan akrab Camat Utan.

Kepala Desa Sabedo, Arifin, menegaskan bahwa Pemdes Sabedo bersama BPD selalu berkomitmen mendukung kinerja BUMDesa Olat Planing dengan memberikan penyertaan modal tiap tahunnya agar dapat memperluas dan meningkatkan cakupan layanan simpan pinjam masyarakat dan pengembangan unit usaha lainnya.

Agus Widodo, Direktur BUMDesa Olat Planing dalam penyampaian laporannya menyampaikan bahwa pada akhir 2023 modal tercatat sebesar 2,462 milyar rupiah, kas sebesar 344 juta rupiah, tabungan bank sebesar 973 juta rupiah, kredit yang disalurkan  (KYD) kepada masyarakat/nasabah mencapai 7,69 milyar rupiah, tabungan masyarakat mencapai 1,461 milyar rupiah serta asset BUMDes mencapai 4,647 milyar rupiah. “Secara umum seluruh aspek kinerja BUMDesa Olat Planing meningkat dari tahun 2022 ke akhir tahun 2023. Untuk tahun 2024, kami berencana akan membuka unit usaha baru yaitu Depot Air Minum Isi ulang yang akan diresmikan hari ini juga”, pungkas Agus.

Pada kesempatan ini juga, Direktur BUMDesa Olat Planing menyerahkan Bantuan Sosial kepada seluruh pengurus temat ibadah di Desa Sabedo, yang dilanjutkan dengan peresmian Depot Air Minum Isi Ulang BUMDesa Olat Planing. (ra)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas PMD Turut Serta Rangkaian Safari Ramadan Pemkab. Sumbawa

    Ramadan momentum silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat

    Kabupaten Sumbawa Sabet Juara 2 Inovasi Teknologi Tepat Guna

    Gelar TTG XIX Tingkat Provinsi NTB Tahun 2024

    Gelar TTG XIX tingkat Provinsi di Kota Bima, Pemkab Sumbawa Optimis!!!

    Pemkab Sumbawa Optimis!!! Berjuang bersama sembilan Kabupaten/Kota se-NTB dalam perhelatan Gelar TTG XIX TINGKAT PROVINSI