BERITA

Pantau Tumbuh Kembang Anak melalui Kegiatan Bulan Pemberian Vitamin A Tahun 2024

Senin, 26 Februari 2024   Fandi K   81  

Sumbawa Besar- Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany,S.Pd.,M.Pd bersama ibu Ketua TP.PKK Kab. Sumbawa Ibu Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah, SE..Menghadiri pelaksanaan bulan pemberian vitamin A terintegrasi dengan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan Tahun 2024 di posyandu keluarga Gemilang lingkungan Unter Ketimis Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa.Jum’at (23/02/2024)

Mewakili Kepala Dinas PMD kabupaten Sumbawa Rachman Ansori,S.Sos.,M.SE, Kepala Bidang Kelembagaan Desa dan Sosbudmasy Laeli Febrianti,S.STP.,M.Si didampingi tim turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan upaya menurunkan angka kematian dan masalah gizi balita, sehingga diperlukan pelaksanaan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita melalui kegiatan Posyandu Keluarga setiap bulan.

Pada pelaksanaannya seluruh sasaran balita umur 0 - 59 bulan ditimbang Berat Badan (BB) dan diukur Panjang Badan/Tinggi Badan (PB/TB) untuk dipantau pertumbuhannya sekaligus diberikan pelayanan kesehatan dasar. Kemudian dalam kegiatan pemantauan perkembangan, semua balita dipantau perkembangannya dengan menggunakan instrumen Buku KIA (check list perkembangan), menggunakan form skrining KPSP. selanjutnya untuk pemantauan pertumbuhan dan perkembangan ditindaklanjuti dengan memberikan edukasi kepada ibu balita/pengasuh mengenai hasil pemantauan pertumbuhan, Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), stimulasi perkembangan dan pelayanan kesehatan berikutnya.

Serta harapan kedepannya untuk meningkatkan koordinasi dan penggerakan kepada lintas sektor terutama pokjanal Posyandu di berbagai tingkatan administrasi, Camat, Kepala Desa/Lurah, Tmi Penggerak PKK, Lembaga Swadaya Masyarakat, organisasi profesi, dan Organisasi Kemasyarakatan lain yang ada di wilayah masing-masing untuk penggerakan sasaran pelaksanaan kegiatan Pemantauan pertumbuhan perkembangan dan pemberian Vitamin A.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri. Dari Dinas P2KBP3A diwakili Kabid pengendalian Penduduk,Dinas Perikanan diwakili Kabid Pengolahan dan pemasaran hasil perikanan, Kabag Kesra setda, Camat Sumbawa beserta Ketua TP.PKK Kecamatan, Lurah Uma Sima beserta Ketua TP.PKK Kelurahan, Kepala Puskesmas Unit II, Kapolsek Sumbawa dan Danramil Sumbawa, Dinas Pertanian, Baznas Sumbawa

 

Demikian...(DPMD Official)

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Saling Sinergi Dongkrak Potensi dan Promosi Daerah Lewat Media Sosial

    Memaksimalkan peran media sosial dalam mendongkrak potensi dan promosi daerah.

    Dinas PMD Turut Serta Rangkaian Safari Ramadan Pemkab. Sumbawa

    Ramadan momentum silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat

    Kabupaten Sumbawa Sabet Juara 2 Inovasi Teknologi Tepat Guna

    Gelar TTG XIX Tingkat Provinsi NTB Tahun 2024