BERITA

BUM Desa Sukamaju Jadi yang Terbaik di Kabupaten Sumbawa, Torehkan Laba Bersih 2023 Sebesar Rp 898 Juta

Rabu, 24 Januari 2024   R.A   84  

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya mengapresiasi kinerja Manajer BUMDes Sukamaju Desa Sukamaju Kecamatan Lunyuk sebagai BUMDes Berkinerja Terbaik di Kabupaten Sumbawa yang terus memberikan kontribusi positif dari tahun ke tahun bagi masyarakat dan Pemdes Sukamaju. Yang mana pada akhir tahun 2023 mencatatkan laba sebesar 898 Juta rupiah. Selamat, pertahankan dan tingkatkan performa kinerja manajemen BUMDes dimasa mendatang”, demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori saat menghadiri Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) BUMDes Sukamaju, Sabtu (6/1/2024). Dikutip dari https://didesaku.com/.

Kepala Dinas PMD menambahkan bahwa keberhasilan tersebut tidak lepas dari komitmen dan kerja sama seluruh pengurus operasional BUM Desa Sukamaju yang didukung oleh Pemerintah Desa dan Masyarakat. “Saya berharap kepercayaan masyarakat kepada kinerja manajemen terus dipelihara dan lebih memperjuat komitmen kedepan, disamping pula harus ada terobosan baru untuk memperluas unit usaha dan kemitraan, selain simpan pinjam”, tambahnya. Tercatat bahwa selain unit simpan pinjam, BUMDes Sukamaju juga mengelola pasar desa yang sedang dirintis dari tahun 2021.

Camat Lunyuk, Darussalam, dalam kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran manajemen BUM Desa Sukamaju serta dukungan Pemdes Sukamaju yang terus menunjukkan kinerja dan memmpertahankan sebagai unit usaha desa yang berkinerja terbaik di Kabupaten Sumbawa beberapa tahun terakhir ini. Camat Lunnyuk juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendamping, konsultan dan pengawas yang juga berkontribusi bagi kesuksesan BUMDes Sukamaju.

Kepala Desa Sukamaju, Wayan Teguh berkomitmen akan terus mendukung manajemen BUMDes Sukamaju dalam memberikan pelayanan akses keuangan kepada masyarakat. Terlebih tiap tahun dari BUMDes Sukamaju memperoleh PADes yang cukup signifikan, dimana untuk tahun anggaran 2024 dari hasil bagi laba bersih 2023 adalah sebesar 269 Juta Rupiah.

Wayan Kertayasa, Manajer BUMDes Sukamaju memaparkan bahwa per 31 Desember 2023 posisi keuangan dengan modal 3,218 Milyar Rupiah dimana 90,9% adalah milik Pemerintah Desa dan 9,2% milik masyarakat. Tabungan masyarakat mencapai 3,9 Milyar Rupiah dengan jumlah masyakat yang menabung sebanyak 562 orang. Aset BUMDes Sukamaju mencapai 8,411 Milyar Rupiah. Sedangkan kredit yang disalurkan (KYD) mencapai 5,926 Milyar Rupiah.

“Kami berharap dukungan permodalan maupun kemitraan lainnya dari Pemerintah Desa, Kabupaten, Provinsi maupun Pusat agar BUMDes Sukamaju dapat meningkatkan dan memperluas cakupan usaha serta membuka unit usaha baru yang prospektif pelayanan serta menghasilkan profit bersama”, pungkas Kertayasa.

Kegiatan Musyawarah Desa Pertanggung Jawaban (LPJ) BUMDes Sukamaju selain dihadiri oleh Kepala Dinas PMD, Camat Lunyuk, Kepala Desa Sukamaju, BPD Sukamaju, Babinsa dan Babinkamtibmas Sukamaju, jajaran BUMDes Sukamaju, pemangku Adat Sukamaju, juga dihadiri oleh Kepala Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara. (ra)

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Dinas PMD Turut Serta Rangkaian Safari Ramadan Pemkab. Sumbawa

    Ramadan momentum silaturahmi antara pemerintah daerah dan masyarakat

    Kabupaten Sumbawa Sabet Juara 2 Inovasi Teknologi Tepat Guna

    Gelar TTG XIX Tingkat Provinsi NTB Tahun 2024

    Gelar TTG XIX tingkat Provinsi di Kota Bima, Pemkab Sumbawa Optimis!!!

    Pemkab Sumbawa Optimis!!! Berjuang bersama sembilan Kabupaten/Kota se-NTB dalam perhelatan Gelar TTG XIX TINGKAT PROVINSI